Punya Rencana Umrah? Kemenkes Imbau Jangan Terlalu Dekat dengan Unta

In Kesehatan, Lifestyle

Jakarta – Mers-cov atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus merupakan penyakit yang muncul dari timur tengah, salah satunya dari Arab Saudi yang menjadi pusat peribadahan jemaah haji dan umrah. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Eka Jusup Singka, mengatakan unta memiliki tendensi penularan Mers-Cov.

“Arab Saudi adalah bagian dari timur tengah dan kita punya tendensi dan sudah memiliki hasil penelitian, salah satunya menyatakan proses penularannya melalui binatang yang ada di timur tengah maka salah satu binatangnya adalah unta,” katanya saat dijumpai di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (7/11/2018).

Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan melakukan upaya pencegahan dengan menghimbau agar jemaah tidak berinteraksi langsung dengan unta.

“Kami melakukan tindakan-tindakan pencegahan dengan tidak dekat dekat dengan unta. Bisa jadi karena binatang lain juga, namun karena jamaah berinteraksi dengan unta, hasil penelitian juga mengatakan ada tendensi penularannya melalui unta, maka kita berkeras melakukan penyuluhan-penyuluhan agar tidak mendekati unta,” tambahnya.

Eka menambahkan, penyakit ini sangat menular, jadi jika ada satu yang kena maka potensi tertular akan sangat tinggi. Ketika jamaah kembali ke tanah air, mereka akan membawa virus yang sama dan menular dengan cepat ke keluarganya.

“MERS CoV itu akut penyakitnya. Hari ini misalnya kena, paling tidak dua hari sudah meninggal dunia dengan sesak napas sangat berat, demam badannya, batuk terus menerus dan tidak bisa sembuh dengan obat-obatan biasa,” tutupnya.

(Khadijah Nur Azizah/up)

Source : https://health.detik.com/read/2018/11/10/180728/4296184/763/punya-rencana-umrah-kemenkes-imbau-jangan-terlalu-dekat-dengan-unta

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu