Pendaki Wanita ‘Bikini Climber’ Meninggal Diduga Karena Hipotermia

In Kesehatan, Lifestyle

Jakarta – Gigi Wu (36) dari Taiwan sebelumnya berhasil menghubungi layanan darurat ketika terjatuh ke jurang di Taman Nasional Yushan. Wanita yang terkenal di media sosial karena sering mengunggah foto bikini di atas gunung ini belakangan ditemukan sudah meninggal pada Senin (21/1) diduga karena hipotermia.

Menurut Taiwan News regu penyelamat sebetulnya sudah berusaha tiga kali melakukan evakuasi dengan helikopter namun gagal karena cuaca yang buruk. Akhirnya evakuasi dilakukan jalan kaki dengan suhu pada malam sebelum ditemukannya Gigi mencapai sekitar titik beku.


Meski sering berfoto dengan bikini di atas puncak Gigi sendiri sebetulnya adalah seorang pendaki berpengalaman. Dikutip dari BBC, saat mendaki Gigi tampak menggunakan peralatan dan tindakan pencegahan yang sesuai.

Hipotermia sendiri adalah kondisi yang bisa terjadi ketika suhu tubuh menurun drastis membuat jantung, sistem saraf, dan organ tubuh lainnya tidak dapat bekerja dengan baik. Bila terus dibiarkan maka kondisi ini akan menyebabkan gagal jantung, rusaknya sistem pernapasan, hingga kematian.

Bagi seorang pendaki hipotermia adalah salah satu ancaman kesehatan utama. Tubuh bisa kehilangan panasnya ketika berkontak langsung dengan air, tanah, atau udara yang dingin. Oleh karena itu pendaki seharusnya selalu membawa pakaian pelindung dan juga semacam penghangat.

(fds/up)

Source : https://health.detik.com/read/2019/01/22/120136/4394907/763/pendaki-wanita-bikini-climber-meninggal-diduga-karena-hipotermia

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu