PB IDI Akan Lakukan Penilaian Kesehatan Cepat di Palu Pasca Tsunami

In Kesehatan, Lifestyle

Jakarta – Pasca tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9), Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) cabang Makassar, Fakultas Kedokteran Universitas Hassanudin akan segera melakukan Rapid Health Assesment (penilaian kesehatan cepat).

“Hari ini, Tim Batalyon Kesehatan (yonkes) TNI bersama tim Aju (tim pendahuluan) dari Ikatan Dokter Indonesia cabang Makassar, Fakultas Kedokteran Universitas Hassanudin, dan tim Siaga Bencana Makassar akan segera melakukan Rapid Health Assesment (penilaian kesehatan cepat) agar dapat mendata kebutuhan dan melakukan penanganan medis sesegera mungkin terhadap masyarakat Palu dan sekitarnya yang terdampak tsunami Jumat 28 September 2018,” tutur Sekjen PB IDI, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT, dikutip dari rilis yang diterima detikHealth, Sabtu (29/9/2018).

Tim kesehatan PB IDI ini menuju Palu melalui jalur udara ke Mamuju dan dilanjutkan via darat dengan bantuan transportasi dari TNI. Selain itu, PB IDI juga mengerahkan tim dokter dari Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara.



Bukan hanya siaga di Palu, tim kesehatan PB IDI dengan RS Terapung Ksatria Airlangga juga menuju Donggala melalui jalur laut. Dalam RS kapal ini disediakan fasilitas kamar operasi darurat dan membawa bantuan medis lainnya.

“Berdasarkan informasi melalui tim IDI dari Palu, tidak hanya jalur komunikasi dan listrik yang terputus, namun rumah sakit di Palu lumpuh total sehingga mengakibatkan para dokter dan tenaga medis kesulitan melakukan penanganan medis segera,” ungkap dr Adib.

Sementara itu, Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kemenkes juga mengirimkan tim kesehatan untuk membantu para korban di sana. Prinsip tangani cepat dengan mendahulukan kapasitas kesehatan terdekat yang bisa membantu ditegaskan oleh sang kepala, Achmad Yurianto.

“Jadi tidak harus dari Jakarta. Kita kirimkan dari Makassar, Manado, Surabaya. Disiapkan tim pengganti dari Semarang, Jogja, Jakarta, Bandung, dan seterusnya,” kata Achmad kepada detikHealth.

Terkait gempa dan tsunami di Sulawesi ini detikcom menggandeng KitaBisa dan Aksi Cepat Tanggap menggalang donasi untuk meringankan derita para korban. Silakan berdonasi melalui channel di bawah ini.

(wdw/up)

Source : https://health.detik.com/read/2018/09/29/174440/4234652/763/pb-idi-akan-lakukan-penilaian-kesehatan-cepat-di-palu-pasca-tsunami

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu