Menakjubkan, Alasan di Balik Kemampuan Berbicara dalam Hati

In Kesehatan, Lifestyle

Jakarta – Pernahkah kamu merasa penasaran mengapa kamu bisa berbicara atau membaca dalam hati? Mungkin kamu sedang melakukannya sekarang dengan membaca artikel ini. Fenomena ini merujuk saat kita bisa merasakan ‘mendengar’ pikiranmu sendiri.

Ada banyak teori mengenai ‘kemampuan’ kita tersebut, namun belum ada jawaban yang tepat. Imajinasi auditori ini mirip seperti imajinasi bergambar, di mana kita dapat membayangkan sesuatu tanpa benar-benar melihatnya.

Dikutip dari The Guardian, pada tahun 90-an para ahli saraf menggunakan neuroimaging fungsional untuk mendemonstrasikan bahwa area-area otak seperti frontal gyrus inferior kiri (area Broca) yang berfungsi aktif saat kita berbicara keras, juga aktif saat kita berbicara dalam hati (inner speech).



Namun para psikolog juga masih memperdebatkan tentang apakah mendengar ‘suara-suara’ (seperti halusinasi) juga bisa termasuk berbicara dalam hati. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Finlandia bertujuan untuk menemukan cela dari studi-studi sebelumnya.

Mereka menemukan perbedaan besar antara dua kondisi tersebut (mendengar suara dan berbicara dalam hati), yakni level aktivasi dari area cortical yang dikenal dengan nama supplementary motor area (SMA) yang berkontribusi mengontrol gerakan.

“Dan juga saat kita berbicara dalam hati diikuti dengan gerakan otot kecil di area laring, yang terdeteksi dengan teknik elektromiografi,” tulis situs tersebut.

(frp/up)

Source : https://health.detik.com/read/2019/01/01/100622/4366676/763/menakjubkan-alasan-di-balik-kemampuan-berbicara-dalam-hati

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu