Kunjungi Semarang, Iriana Jokowi Sapa Antrean Tes ‘IVA’ Kanker Serviks

In Kesehatan, Lifestyle

Semarang – Ibu negara, Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan di Kota Semarang. Ia dan rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) menyapa pasien tes inspeksi visual asam asetat (IVA) dan minum susu bersama siswa SD serta anak panti.

Bertempat di Puskesmas Kalimalang, Mijen, Kota Semarang Iriana dan rombongan langsung disambut pasien tes IVA yang mengantre serta mendengarkan pengarahan.

“Tadi sudah diterangkan ibu dokter, ibu-ibu ke sini tidak dipaksa, kan? Tidak cemas kan? Semoga hasilnya baik semua. Ini juga untuk suami, ibu sehat suaminya senang nggih,” sapa Iriana dilanjutkan dengan dialog singkat kepada salah satu pasien, Jumat (4/1/2019).

IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat merupakan salah satu metode deteksi dini untuk kanker serviks. Jenis kanker ini termasuk salah satu yang paling mematikan pada perempuan dan sering ditemukan pada stadium yang sudah lanjut.

Selanjutnya rombongan meninjau Puskesmas dan menyapa pasien di dalam. Di bagian belakang Puskesmas, puluhan anak-anak dari berbagai SD dan panti asuhan sudah menanti ibu negara.

Mereka kemudian bernyanyi bersama dan menjalankan gerakan minum susu yang digalakkan Pemerintah Kota Semarang. Berikutnya Iriana dan Oase membagikan bingkisan.

“Ini isinya ada tas, ada jajanan,” ujar Iriana.

Iriana juga menyempatkan menjadi guru dan mengajari anak-anak membuang sampah botol susu mereka. Ia juga berpesan agar anak-anak rajin belajar.

“Jangan lupa berdoa, belajar, dan olahraga,” ujarnya.

Iriana Jokowi juga menyapa anak-anak. Foto: Angling/detikHealth

Kepala Puskesmas Karangmalang, Anasih mengaku kaget dengan kunjungan Ibu Negara karena lokasi Puskesmas cukup jauh dari pusat kota. Ia berharap pesan dari Iriana mengena kepada pasien dan diteruskan ke warga terkait antisipasi kanker serviks.

“Terimakasih sudah hadir di sini. Pengalaman wong ndeso dihardiri ibu presiden. Semoga orang orang bisa menyampaikan ke yang lain,” ujar Anasih.

Iriana dan rombongan Oase melanjutkan perjalanan ke SD Al Azhar 29 untuk memberikan sosialisasi dan edukasi bahaya narkoba. Acara itu juga dihadiri Dir Pengelolaan Sumberdana Bansos Kemensos serta Dir Rehab Korban Narkotikan Kemensos dengan peserta 500 anak dari SD, SMP, dan MTs di Semarang.

Rencananya Iriana masih akan melakukan kunjungan kerja hingga sore nanti antara lain ke Kebun Buah Purwosari kemudian ke Kota Lama Semarang.

(alg/up)

Source : https://health.detik.com/read/2019/01/04/120848/4370732/763/kunjungi-semarang-iriana-jokowi-sapa-antrean-tes-iva-kanker-serviks

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu