Cuaca Dingin di Musim Hujan Bikin Beser, Haruskah Banyak Minum?

In Kesehatan, Lifestyle

Jakarta – Cuaca dingin saat musim hujan memang tidak terlalu membuat kita merasa haus ketimbang cuaca panas di musim kemarau. Hal ini membuat kita jadi mengabaikan rutinitas minum dan berisiko kekurangan cairan atau dehidrasi. Lantas, apakah di musim hujan kita harus banyak minum?

Profesor Stavros Kavouras dari Arizona State University mengatakan bahwa hal tersebut tidak bergantung pada musim. Musim apapun, lanjutnya, kita tetap disarankan untuk minum air setidaknya 1,5 – 2 liter atau 8 gelas tiap harinya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita.

“Dingin membuat kita sering kencing merupakan sebuah mekanisme fisiologis. Asupan cairan kita bergantung pada dua hal: temperatur dan seberapa aktif dirimu. Kalau kamu cuma duduk aja seharian di depan komputer mungkin kamu nggak butuh air sebanyak mereka yang sering berjalan,” kata Prof Stavros pada konferensi pers The 2nd Indonesian Hydration and Health Conference di Gedung IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rabu (7/11/2018).


Ia menyebutkan bahwa indikasi untuk mengetahui apakah kita sudah cukup minum air. Per harinya bisa dilihat melalui warna urine dan seberapa sering kita kencing. Jika semakin gelap warna urine, maka tubuh kita masih kekurangan cairan dan harus minum lebih banyak.

Sedangkan jika frekuensi kita kencing semakin sering, maka artinya tubuh sudah mendapat cukup cairan dan tak perlu meminum lebih banyak. Cuaca dingin yang membuat kita juga sering kencing tak akan berpengaruh selama kita sudah memenuhi kebutuhan cairan sesuai yang dianjurkan.

Prof Dr dr Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), menambahkan perlunya melihat tanda-tanda lain dehidrasi seperti bibir pucat dan pecah-pecah serta kulit kering sebagai indikasi tubuh sudah mendapatkan cukup cairan atau belum.

“Terutama kalau bekerja di tempat yang ber-AC, ada penguapan yang terjadi tapi karena suhu ruangan yang dingin membuat kita lupa bahwa kita haus, butuh minum. Jangan sampai dalam waktu 4 jam kita nggak karena waktu itulah saatnya memproduksi urine,” pungkas pria yang akrab disapa dr Iko ini.

(frp/up)

Source : https://health.detik.com/read/2018/11/07/203109/4291997/763/cuaca-dingin-di-musim-hujan-bikin-beser-haruskah-banyak-minum

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu