Agnez Mo Dianggap Terlalu Kurus, Ini Risiko BB Rendah

In Kesehatan, Lifestyle

Jakarta – Menjadi seorang public figure memang tidak bisa lepas dari komentar atau kritikan netizen. Beberapa waktu lalu, penyanyi Agnez Mo alias Agnes Monica mendapat kritikan karena dianggap terlalu kurus pada fotonya yang memperlihatkan tulang selangka miliknya.

“Ka bbnya berapa ?? Jangan kurus2 kak,” tulis salah satu pengikut Agnez di Instagram.

Spesialis penyakit dalam dari RS Pondok Indah, dr Nanang Soebijanto, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE mengatakan bahwa berat badan terlalu rendah juga bisa berpengaruh pada risiko penyakit dan kematian.

“Kurus itu kalau BMI (Body Mass Index) dibawah 18,5. Kalau kurus bisa sakit, bisa tidak. Sakit karena telalu kurus itu intoleransi makanan. Salah makan sedikit bisa diare. Ada juga hipertiroid, berat badanya gampang banget turun,” katanya saat dijumpai di daerah Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Body Mass Index (BMI) merupakan rasio antara berat badan dalam kg dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Perhitungan ini banyak dipakai untuk mengukur tingkat kegemukan atau kekurusan, meski tidak benar-benar menggambarkan komposisi massa tubuh.

Menurut dr Nanang, terlalu kurus juga bisa menjadi gejala dari diabetes. Sebab, diabetes melitus biasanya ditandai dengan penurunan berat badan yang drastis.

“Jadi intinya kalau BB-nya kurang juga mesti periksa. Kemungkinan penyakitnya juga sama banyaknya,” imbuhnya.

(kna/up)

Source : https://health.detik.com/read/2019/03/15/092805/4468353/763/agnez-mo-dianggap-terlalu-kurus-ini-risiko-bb-rendah

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu